Yutaka Kobayakawa - Lucky Star
RSS

TEMAN-TEMAN KKN-KU YANG AJAIB

Cerita ini kutulis beberapa minggu lalu...

Saat ini hujan. Hujan gede bangett... disertai tiupan angin kenceng. Tapi aku selalu suka hujan... apalagi kalau dalam situasi aku lagi di rumah. Nyamannn banget... Seneng aja ngedenger suaranya, merasakan hawa dinginnya, dan melihat titik-titik hujan itu berebut turun. Kesukaanku pada hujan, jelas bertentangan atau kontrasss banget sama temanku,nggak suka hujan, malah cenderung takut. Namanya Rossi Agustini, eits tunggu, kayaknya salah deh, yang bener Rossi Agusti. Hehehehe. Aku tau kalau dia baca ini pastinya wajahnya sempet mengernyit sebentar, untuk kemudian ngakak dan bilang “Asyemmm...” atau apalah yang sejenis. Si Rossi ini teman KKN-ku. Dia salah satu orang dari teman hidupku selama 1bulan lebih ketika menjalani KKN. Rossi atau BuSek alias Ibu Sekretaris mempunyai phobia sama hujan. Ini kedengaran sangat aneh dan sulit dipercaya bukan. Masa sama hujan aja takut. Hujan gitu. Kalau phobia ketinggian, binatang tertentu, phobia gelap kan masih kayak bisa dimaklumi. Lah ini, phobia hujan. Mmm... tapi itu emang beneran terjadi sama Rossi. Aku pertama kali tau aja ngga percaya sampai ngelihat sendiri, waktu hujan gede  turun, Rossi langsung panik dan takut trus nyariin headset buat nutupin  telinganya supaya suara hujan ngga kedenger. Bahkan dia sampai nangis dan sembunyi bawah bantal. Ckckckck.... ada-ada saja. Pernah di suatu sore, habis magrib, kami (aku dan anggota KKNku keliling untuk bertamu ke kader-kader desa. Kami masih berkunjung di salah satu rumah bidan desa, Mba Ika. Hujan turun deras bangett... Rossi udah mulai terlihat cemas, akhirnya karena hujan seperti nggak ada niat buat berhenti, kami memutuskan untuk nekat pulang ke posko. Rossi bareng denganku. Dan beberapa langkah berjalan, aku tau dia mulai meneteskan airmata. Dia bilang ke aku, "Mba Din...ngomong terus aja atau kalau nggak nyanyi... biar mengalhkan perhatianku.” Aku bengong, hah ngomong atau ya apa nyanyi apa? Akhirnya dengan nada sumbang dan suara cempereng aku pun mulai bernyanyi sekenanya, kalau nggak salah sih waktu itu lagunya D’Masiv deh. Aku terus bernyayi sambil sesekali  berhenti mengingat liriknya. Busyet,,, tiba-tiba suruh konser dadakan kayak gini ya aku blank. Hehehehe. Sesekali kudengar suara sesegukan Rossi . Tapi karena gelap aku nggak begitu melihat wajahnya. Sementara di belakang kami anak-anak lain menyemangati Rossi.
“Ayolah Ros... kamu pasti bisa...”
“Hujan tuh nggak menakutkan...Cuma kayak gini aja...”
“Itung-itung kamu terapi hujan Ros... di sini...”
Kurang lebihnya sih seperti itu. Agak lupa sih. Kejadian kayak gitu terjadi nggak hanya waktu aja. Tapi beberapa kali. Sewaktu habis rapat di balai desa juga pernah, terlebih di posko. Bisa dibayangin kan, selama sekitar 35hari itu berapa kali hujan turun? Bisa dibayangin pula, bagaimana gigihnya usaha Rossi untuk terapi hujannya. Hahahaaha. Waktu aku tanya alasanannya dan apa yang menyebabkan dia takut hujan, katanya dulu dia pernah di rumah di tinggal sendirian di rumah, tengah malam dia kebangun dan hujan sedang turun deras banget. Dia serasa lagi mampi buruk, dia takut banget karena nggak ada orang. Dia coba telpon teman-temannya tapi karena tengah malam dan hujan pula, ya jelas mereka pada nggak bisa datang dan hanya bisa menghiburnya lewat telefon. Sejak saat itulah dia seperti trauma atau takut sama hujan, dalam hal ini suaranya. Suara hujan yang deras selalu mengingatkannya pada ketakutan itu. Aku yang baru pernah mengalami orang seperti ini hanya bisa geleng-geleng kepala. Ada aja ya... belum lagi kebiasaan aneh Rossi yang lain yaitu seneng banget nabrak, kejedug, terantuk -sesuatu. Entah itu meja, kursi, (deretan ini kateogri yang paling sering ditabrak)tempat tidur, lemari dan benda-benda lain. Sampai-sampai ibu dan bapak posko heran dan merasa kasihan banget kalau dia lagi kumat... ana-ana bae sih bocah wadonn..

Hahahaha....ada-ada aja ulah temen-temenku ini... ini baru Rossi. Belum lagi teman-teman KKNku yang lain.
Ada Kemal alias Kemsoy... sang drummer. Wkakakak... dia salah satu cowok ajaib yang terdapat di bumi kita ini. :P Ada aja ulahnya yang bikin ngakak. Wajahnya yang kadang datar tanpa ekspresi, pas banget kalau lagi bohong apa ngerjain orang. Salah korbannya yang paling sering adalah Okti. Sifat jailnya dipelihara banget. Terutama kalau ada Mas Mame (salah satu warga desa yang kelakuannya agak lebih spesial dibanding orang biasa). Bisa abis tuh Mas Mame ditanggap. Hahahaha... Ditambah lagi dia itu nggak bisa diam... meski lagi diam, tapi tangannya tetep aja kedebugan... rupanya obsesi dan naluri drummernya bener-bener  tertanam dengan baik di jiwanya. Seneng ketiplak-tipluk. Apalagi kalau sembel headsetan dengerin musik. Huhhh... tapi yang bikin aku seneng, ternyata tuh anak gayanya sih boleh metal tapi seneng juga sama film-film korea dan sejenisnya, wkakakak... bahkan dia punya episode lengkap You’re Beautiful. Siapa sih yang nggak tau film ini... wkakakak... akhirnya kita nggak pernah kekurangan hiburan deh. Ni film jadi memorial banget waktu KKN....  
 
Sekarang aku lanjut ke Okti. Dia pernah dijuluki Gaok sama anak-anak cowok, tapi kayaknya dia kurang berkenan deh, jadi sebutan ini kurang populer... ini karena dia itu cerewett banget. Dan ketawanya tuh lucu...suka ditiru-tiruin sama anak-anak... pertama kali menyadari kecerewetan anak ini, aku sempet madan shock. Gilee... ternyata ada yang lebih cerewet dari Nine (sahabatku di kampus)... Nine bener-bener punya saingan... itu batinku pertama kali. Hahaha. Tapi asal tau aja, si Okti ini adalah ibu muda dengan satu anak yang masih baby. Namany... Kalisa. Cantik kan namanya... jadi inget cara kalau Okti ngomong... “Kalisaaa....” Selama KKN dia sering pulang untuk menyusui dan sayangnya kadang dia nggak bawa motor. Dan akhirnya terjadilah transaksi pinjam meminjam yang melibatkan Kemal ini. Karena Okti lebih suka pinjam motornya Kemal dengan alasan dia ngga bisa dan nggak biasa bawa motor matic macam punya Koko dan Rossi. Otomatis ini selalu jadi adegan seru waktu itu. Hahahaha.. Dan ini adalah satu cuplikan adegannya:
Okti                :  “Kemal... mengko sore aku nyilih motore ya mal ya...”
Kemal           : “Gari... kaya ora biasane....” (muka datar mode on)
Okti                : “Ok. Ngesuk-esuk gasik aku ngenehe...”
____________adegan selesai____________
Beberapa jam kemudian
Okti                : “Mal... temenan ya...mengko aku nyilih... ora dienggo kan? Koe arep ora bali?”
Kemal           : “Iyyyaa... lha mau kan q wis ngmong ngonoh...”
Okti                : hehehehee...(terkekeh-kekeh)... iya..asyik ketemu Kalissaa...makasih Kemal..”
Kami semua yang ada di sekitar mereka berdua hanya bisa geleng-geleng kepala sambil ketawa.
Lalu adegan serupa pun kadang kembali lagi terulang.
Okti                : “Asyikk...mengko ketemu Kalisa... ora sabar nunggu sore. Pengen nganggokan klambi pink kie... apik kan ya mba rika?”
Mba Rika     : “iyya...apik.”
Okti                : “Mm..Kalisaa... mengko aku bali kanggo motore Kemal. Terus mapungi Kalisa.. terus...bla...bla... Mal, kuncine ndi?”
Kemal           : “Hmmm... kae” (mulai keluar tanduke)
Okti                : “Tek jukut ya... kie motore tek silih sit ya” “
Kemal           : ..... (diam tanpa kata)
Aku                                : “Ok, mau u wis ngomong... ngomong maning?”
Dan Okti pun menjelaskan, sudah menjadi kebiasannya kalau dia mau melakukan sesuatu dan belum kesampean dan terjadi maka dia akan terus ngomong dan mengulang perkataannya itu. Huhhhh..ada lagi anak ajaib satu ini. Begitu sabarnya mas Gendut (suaminya.red) untuk meghadapinya. Cinta memang indah. Wkaakakakakkk..apa coba.
 
Itulah Okti. Lain lagi dengan Coco alias KOKO. Dia itu kormades kami. Apa itu kormades? Kormades adalah Kordinator Mahasiswa Desa. Bisa dibilang dia ketua kelompok. Karakter ajaib dari Coco adalah.... SUSAH SEKALI BANGUN PAGI. Yupz. Dia susahh banget dibangunin kalau pagi. Yah dia juga penganut aliran insomia juga sih. Tidurnya selalu jam 12malam ke sana. Dan bangunnya gileee...susah sekali. Kita semua udah pernah membangunkannya dan rata-rata menyerah. Yang bertahan adalah Rossi. Dia telaten banget mbangunin Coco sampe pada hari terakhir kita di posko. Tapi itu juga penuh kesabaran dan pengorbanan yang luar biasaa... tak jarang dia kena tabokan, jotosan, atau tendangan nyasar tak sadar dari Coco. Wkakakakak..jadi bisa kalian bayangkan, betapa kerasnya usaha kami untuk membangunkan Coco di waktu sahur?? Hahaha. Selain itu Coco juga moody. Apalagi kalau sedang dalam proses gundah karena sang pacar. Dunianya bisa begitu kelihatan berantakan. Dan kadang kami kena imbasnya... pernah suatu hari, dia pulang malam sehabis ngapel, dengan muka ditekuk, bibir merengut, rambut berantakan, dia diam tanpa kata... hanya rokok yang terus menggepul yang keluar dari bibirnya :P Yah itu emang menunjukan dia sayang dan care banget sama sang pujaan hatinya. Iffa.  Hehehe.
Sekarang ada lagi cowok ajaib, namanya Cimink. Tuh kan dilihat dari namanya aja udah ajaib gitu. Hehehe. Sebenarnya sih nama aslinya tuh keren. Muhammad Falah. Tapi herannya mau aja dipanggil Cimink. Dan taukah kalian, sewaktu pertama kali aku melihat wajahnya, SHOCK. Ternyata doi gimbal booo... waktu hari pembagian kelompok, dia nggak berangkat. Kita baru ketemu pas hari terakhir pembekalan kalau nggak salah. Pagi itu, masih sangat pagi sewaktu kulihat Anshori (teman kelasku) mengantarkan sesosok tubuh bergimbal dengan gaya seadanya. Aku langsung mbatin, “Wah ada juga yang tampangnya kayak gini pas KKN... moga-moga bukan kelompokku,”. Hahaha  peace mink :P habis itu dia masuk dan aku juga masuk. Aku langsung lupa sama sosok itu. Sampai akhirnya waktu anggota satu kelompok disuruh kumpul. Dan kemudian yang bersatu lagi dengan satu kecamatan. Di samping kananku, Si Gimbal tadi duduk. Terus aku tanya ke Okti apa sapa gitu, “Yang namanya Muhammad Falah sih mana? Ngga datang lagi apa?” “Lha itu... yang duduk di samping kamu...” langsung aku nengok dan mbatin, aduh gilee... ternyata Si Gimbal itu... Kemudian beneran setelah berkenalan dia nyebut namanya dan “Panggil aja Cimink.” Tuh kan namanya aja ajaib. Hahahaa :P 
Setelah bubar pembekalan, aku kembali ketemu Anshori dengan Cimink. Dia tanya ke aku, udah ketemu sama semua temen kelompoknya. Langsung kujawab udah, dan menunjuk si Cimink, “Tuh  bareng sama temenmu juga...” “Hah?hahaha... sama Cimink...?? tenang aja...dia ok kok.. baik. iya nggak mink...?” (angger ora salah sih anshori ngomong kayak gitu). Dan si  Cimink Cuma nyengir. Dan ternyata omongan Anshori madan-madan bener sih.. Cimink ga seajaib itu... hahahaha... dia ok juga buat jadi temen. Lucu yang pasti. Slalu bikin ngakak (ya ga mas Timink?) hahaha... dan Mas Mame pun sempet ngefans sam dia...wkakaka.... sayangnya dia harus mencopot gimbalnya selama KKN (titah dari Ibu DPL). Padahal kayaknya tuh gimbal beneran  mewakili jiwa Raggae’nya. Hahaha. 
Abis mas Timink sekarang mba Rika... atau yang suka disebut Burik... Ibu Rika... sang ibu bendahara kita yang paling dewasa di tim kita. Dia juga satu-satunya yang udah nyambi kerja. Mba Rika ini pemecah rekor yang selalu nginep full si posko selama masa KKN. Meski siangnya tetep suka ke balik ke Purwokerto atau ke mana gitu (ketemu Abinya yang pasti) hehehe. Mba Rika ini juga yang sering bobo sama aku. Karena Okti dan Mba Birul kadang suka pulang. Hal yang selalu kita obrolan menjelang tidur adalah.... makanan. Yupz. Ternyata kita sama-sama pecinta kuliner. Referens-referensi tempat makan dari mba Rika selalu asyik buat disimak. Hahaha. Trus mba Rika juga kayakany dapet gelar Miss Ring-ring... karena kalau dia udah telefon-telefonan dengan Abinya... mmm...lama banget.... ckckck... tapi dia juga baik hati dan care banget,,,, wkakakak... 
Dan tibalah sang pamungkas.... mba Birul. Mba Birul juga udah berumah tangga. Dia  udah punya satu anak cowok berumur 2-3tahunan bernama Raihan. Dia pernah dibawa ke posko. Lucu banget...hehehe... mba Birul ini sering pulang karena masih menyusui juga... dia itu sayang banget sama anaknya Raihan...  Ada lagi kejadian menggelikan ketika kami sama-sama nonton film Korea berjudul “Baby and Me” mba Birul nangis sesenggukan waktu si bayi dalam film itu nangis ngga mau pisah sama ayah angkatnya, waktu ditanya,katanya dia ingat Raihan di rumah. Hahaha... Nice mother... 
Itulah sekelumit cerita anggota KKN Kalitinggar Kidul, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga. Yah KKN... akhirnya aku sudah melewatinya. Setelah sebelumnya, dari dulu, bahkan hal yang paling aku khawatirkan ketika mau kuliah adalah bagaimana nanti kalau KKN? Ternyata momok menakutkan itu jauh banget... dan aku nggak mengalami kesulitan yang begitu berarti. Keburuntungan dan jawaban dari Tuhan memudahkan segalanya. Dimulai dari teman yang menyenangkan, lokasi yang cukup dekat dan nyaman, tuan rumah yang sangat amat baik dan perhatin, Bapak Dayat dan Ibu Jariyah.... kangennn.... juga keluarga-keluarganya. Bener-bener berasa jadi anak sendiri.  Warga desa yang sangat welcome dan baik hati. Semuanya perfect. Meski tak dpungkiri masalah, konflik, beda pendapat, keganjelan, sakit hati mewarnai 35hari itu, tapi ketika dikenang sekarang itu semua tuh indah dan menggelikan... hehehe... Menambah potongan cerita hidupku. Thanks for everything my frenz, my second parents, people in X-tinggar Kidul... thanks... Hujan ini mengingatkanku pada kalian... melayangkan memoriku akan masa-masa itu... 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar